Home / Nasional / Komitmen Salurkan Zakat Bio Farma Diundang Keistana Serahan Zakat kepada BAZNAS 2023 oleh Presiden
foto:Presiden Joko Widodo menyerahkan Zakat kepada BAZNAS di Istana Negara pada Selasa 28 Maret 2023

Komitmen Salurkan Zakat Bio Farma Diundang Keistana Serahan Zakat kepada BAZNAS 2023 oleh Presiden

Jakarta (Memorilivecom) – Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir hadir memenuhi undangan untuk hadir Istana Negara pada Selasa, 28 Maret 2023 dalam acara Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) 2023. yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bio Farma menjadi salah satu dari beberapa BUMN yang diundang, dikarenakan Bio Farma konsisten mendukung program Zakat nasional. Pada kegiatan tersebut hadir juga Pimpinan DPR/MPR, Pimpinan DPD, Pimpinan Mahkamah Agung, Jaksa Agung, Ketua BPK, Pimpinan Kementerian serta  Lembaga Negara, Kapolri dan Panglima TNI.

Dalam kata sambutan Kepala Negara (Presiden) mengingatkan kembali pentingnya kewajiban berzakat bagi setiap umat Islam, sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Presiden juga menyebutkan bahwa pemerintah terus berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan di Tanah Air.

Oleh karena itu, Presiden mengimbau kepada seluruh umat Islam, untuk menunaikan kewajiban berzakat melalui amil zakat resmi, agar turut berpartisipasi dalam usaha pemerintah mengurangi angka kemiskinan, kata Presiden.

Presiden Joko Widodo juga menghimbau aparatur negara, pejabat, dan BUMN untuk menunaikan kewajibannya dalam berzakat. “Saya menghimbau kepada seluruh umat islam, aparat negara, BUMN, untuk menunaikan kewajiban zakatnya, melalui BAZNAS. Sehingga, dana zakat dapat dikelola secara profesional” tuturnya.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan bahwa Bio Farma sudah rutin mengelola Zakat Infak Shodaqoh (ZIS) karyawannya, sebagai wujud komitmen menindaklanjuti surat edaran dari Menteri BUMN, dalam Optimalisasi Penyaluran Zakat Insan BUMN, Bio Farma mengeluarkan peraturan direksi, tentang Pengelolaan Zakat  Karyawan.

Salah satu nilai lebih yang dimiliki Bio Farma, terdapat Peraturan Direksi yang mengatur tentang pengelolaan zakat penghasilan karyawan.

Kami membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Biofarma Group, merupakan tim khusus yang bertugas mengelola zakat penghasilan dari karyawan Bio Farma, Kimia Farma dan Indofarma, agar lebih optimal dalam penyaluran zakat, untuk mendukung pengembangan masyarakat eknomi syariah.

“Zakat penghasilan dari karyawan disampaikan kepada UPZ Biofarma Group, selanjutnya disalurkan melalui Baznas” ujar Honesti

Zakat penghasilan karyawan yang terkumpul pada tahun 2022, sekitar 1,2 M rupiah. Sesuai ketentuan, sebanyak 30 %  disampaikan ke Baznas dan 70% disalurkan secara mandiri oleh UPZ Bio Farma, tambah Honesti.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Noor Achmad MA melaporkan, pengumpulan dana Zakat Infak Sedekah (ZIS)-Dana Sosial Keagamaan Lain (DSKL) secara nasional di tahun 2022, mencapai Rp22,4 triliun, mengalami peningkatan sebesar 58,03 persen. Peningkatan juga terjadi pada pengumpulan zakat yang dihimpun oleh Baznas.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA. menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh BUMN sudah menjadi Unit Penerimaan Zakat (UPZ) dari BAZNAS. Zakat yang disalurkan oleh BAZNAS juga selaras dengan program pemerintah, untuk menekan angka kemiskinan.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Baznas Noor Achmad, juga hadir pula Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, serta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, sumber humas Bio Farma. (Edi)

About memorilive

Tinggalkan Balasan