Home / Daerah / Kunjungi Desa Kote Rawan Banjir, Nizar Meminta Dinas Tekhnis Agar Sungai Dinormalisasi
foto bupati lingga bersama Dinas PUPR saat meninjau sungai di Desa Kute

Kunjungi Desa Kote Rawan Banjir, Nizar Meminta Dinas Tekhnis Agar Sungai Dinormalisasi

Lingga (Memorilive.com) – Bupati Lingga Muhammad Nizar di dampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tinjau lokasi Sungai didesa Kote kecamatan Sengkep Pesisir kabupaten Lingga, sering banjir ketika musim hujan tiba genangi lokasi pemungkiman warga.

Pada kesempatan peninjauan lokasi Sungai pada Jum’at 5 November 2021, Nizar meminta kepada dinas tekhnis agar segera melakukan normalisasi sungai yang sudah dangkal dan sempit, untuk mengatasi rawan banjir yang selalu menggenangi lokasi pemungkiman warga sekitar, jelasnya.

Ditegaskan Nizar, Meminta dinas tekhnis untuk segera menormalisasikan sungai yang telah ditinjau pada hari ini, untuk menghindari terjadinya banjir ketika Air laut pasang bertepatan dengan musim curah hujan tinggi, setelah dilihat bahwa aliran sungai telah menyempit dan dangkal, akar permasalahan terjadinya banjir kerap melanda Desa Kote, sebut Nizar.

“Upaya ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat, agar banjir tidak lagi terjadi disini, maka dinas tekhnis untuk segera menangatasi permasalahan yang telah ditinjau pada hari ini,” kata Nizar.

Pada kesempatan itu Kepala PUPR, Novrizal yang diwakili Kabid  Sumber Daya Air (SD), Ardi yang mendampingi Bupati Lingga saat meninjau lokasi sungai yang rawan banjir, mengakui terlihat kondisi sungai utama di Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, sudah mengalami pendangkalan, sebut Ardi.

Menanggapi hal tersebut, pihak PUPR menyiapkan anggaran kegiatan  normalisasi sungai Desa Kote dari APBD tahun 2022 mendatang, upaya mengatasi banjir yang selalu melanda lokasi pemungkiman warga.

“Untuk menghindari terjadinya banjir, kita siapkan anggaran untuk tahun 2022, akan dilakukan pendalaman dan pelebaran sungai,” kata Ardi.

Selain peninjauan untuk normalisasi sungai Desa Kote, kata dia Dinas PUPR juga telah melakukan rapat dengan pihak Kelurahan Sungai Lumpur dan Desa Berindat pagi 5/11. Dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, berencana akan melakukan normalisasi sungai di Kelurahan Sungai Lumpur, Dabosingkep, dalam waktu dekat ini.

“Tadi juga kami telah melakukan rapat, hasilnya pihak kelurahan dan Desa Berindat, mendukung rencana dari BWS Sumatera IV, dalam bulan ini,” jelas Ardi. (Memori)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan