Home / Sumbar / Pukul Gendrang Bersama Tanda Resminya KBN Lantamal II di Sungai Pisang

Pukul Gendrang Bersama Tanda Resminya KBN Lantamal II di Sungai Pisang

Padang (Memorilive.com) – Pukul genderang bersama sebagai tanda resmiannya Kampung Bahari Nusantara (KBN) dibawah binaan Lantamal II Padang, pada Kamis 17 Juni 2021 di Sungai Pisang Daerah Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Pelaksanaan pemukulan Genderang bersama tersebut, diantaranya Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal)  II Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.M.M.M.Si (Han), beserta Nanny Hadi Tjahjanto.  Endang Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi. Haryeni Mahyeldi sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kampung Bahari Nusantara atau KBN.

Peresmian KBN tersebut, dihadiri oleh Forkompinda Provinsi Sumbar di antaranya Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/WBR Arief Gajah Mada, Wakil Gubernur Sumbar Bapak Audy Joinaldi, juga dari tokoh adat, tokoh masyarakat, Akademisi, BUMN, BUMD dan undangan lainya.

Kedelapan program ini sudah di kerjakan beberapa waktu lalu. KBN tersebut merupakan program khusus dari TNI AL yang merupakan  program dari Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.,M.M. kegiatan pemberdayaan masyarakat maritim, untuk pembentukan Dahwilhanla.

Instituksi TNI AL lainya juga sudah ada yang memulai dengan program unggulan lainya, tentu sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing sumber daya alam serta sumber daya manusianya.

KBN Lantamal II di Kelurahan Sungai Pisang ini mempunyai delapan program unggulan antara lain, Rumah pintar, penanaman mangrove yang nantinya bisa di jadikan objek wisata, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) berupa tenunan, batik Eco Print, pembuatan tas brocat, Keramba Apung Ikan Kerapu yang merupakan terbesar di wilayah Sumbar.

Juga dilaksanaan pelatihan Selam bagi pemuda sekitar Sungai Pisang, Bakti Kesehatan Berupa Sunatan Massal, Penanaman Pohon yang Berguna Bagi Masyarakat Pesisir, yaitu pohon Cemara Laut, Pohon Petai, Jengkol, Durian dan jenis pohon lainya yang bermanfaat  bagi masyarakat nantinya, terakhir pembuatan Gapura.

Gapura ini di buat menuju daerah Sungai Pisang, sebagai pintu gerbang masuk ke Kampung Bahari Nusantara (KBN), tentunya dapat menjadi suatu kebanggaan masyarakat Sumbar nantinya, dalam pelestarian budidaya pokok manggrof, Ikan dan lainnya yang dapat medongkrak perekonomian yang ditunggu-tunggu masyarat.

Dalam sambutanya Danlantamal II mengatakan, dalam peresmian KBN ini yang bertemakan   “Membangun Kampung Bahari Nusantara Sinergitas Dengan Dewan Kerajinan Nasional Atau Dekranas Menuju Wirahusaha Baru”.

Maka dari itu, pada acara peresmian ini kita sengaja mengundang Tim dari Dekranas untuk membuka dan meninjau langsung acara ini. Tentunya harapan kita dan harapan masyarakat Sungai Pisang juga, kedepanya harus mempunyai bentuk wirahusaha baru, sesuai dengan tema yang telah kita tentukan, sebutnya.

Danlantamal juga menyampaikan kegiatan KBN ini merupakan bentuk sinergitas TNI khususnya TNI AL dengan Rakyat, yang di dukung oleh Pemprov, Pemko, Pemkab, BUMN, BUMD dan pihak lainya.

Di akhir acara itu, Ibu Nanny Hadi Tjahjanto dan Ibu Endang Budi Karya Sumadi berkesempatan mengunjungi beberapa stand yang sudah di siapkan panitia, seperti stand Rendang, Tenun, Rumah Pintar, Daur Ulang dan lainya. Di Stand Rendang ibu Nanny dan Ibu Endang di suguhi rendang dan di beri kesempatan untuk mengaduk rendang yang di masak oleh panitia di stand rendang.

Selama kegiatan peresmian KBN, tetpa dilaksanakan PROKES COVID-19 yang ketat kepada para pendukung kegiatan serta masyarakat sekitar. Sumber Dispen Lantamal II. (Memori)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan