Home / Kepri / Pelaksanaan MTQ ke 15 Tingkat Kota Tanjungpinang Resmi Dibuka Oleh Gubernur Kepri

Pelaksanaan MTQ ke 15 Tingkat Kota Tanjungpinang Resmi Dibuka Oleh Gubernur Kepri

Tanjungpinang (Memorilive.com) – Pelaksanaan pembukaan MTQ ke 15 tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021, resmi dibuka Oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, pada Minggu malam, 28 Maret 2021, di Astaqa MTQ depan Gedung daerah Provinsi Kepri, dipinggir laut Kota Tanjungpinang.

Dalam kata sambutan Walikota Tanjungpinang Hj.Rahma mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau serta para tamu undangan official dan kafilah MTQ ke-15 tingkat Kota Tanjungpinang, merupakan suatu kehormatan baginya sekaligus dapat bersilaturahmi, sebut Rahmah.

Menurut Rahma, Silaturahim ini hendaknya terus berlanjut, MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, mulai dari Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kelurahan hingga tingkat kecamatan dan tingkat kota, sebut Rahma.

MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membunyikan ajaran Alquran serta mengajarkan Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan, kata Rahma.

Dalam menjalankan kehidupan, kita meneladani prilaku Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dengan akhlak yang bersumber dari Alquran, menebarkan kebaikan serta menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama umatnya, kata Rahma.

Lanjut Rahma, MTQ ke 15 Kota Tanjungpinang tahun 2021, kita mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam memperkuat mental kita, perlu diketahui bahwa tujuan diturunkannya Al-quran oleh Allah subhanahu wa ta’ala, untuk menjadi pedoman bagi manusia dalam meniti kehidupan, sebagai hambanya.

Lebih dari itu, siapa yang terbaik di sisi Allah, tentunya yang paling bertakwa merupakan karakter mulia yang dituntun oleh Alquran, disisi lain Al-quran juga mengajarkan kita semua bersaudara, diikat oleh aqidah yang sama, Oleh karena itu Allah menyuruh kita untuk berlomba dalam berbuat kebaikan.

MTQ kali ini bukan semata untuk peroleh juara semata, tetapi sesungguhnya adalah untuk menjadi orang yang paling bertakwa kepadanya, juara yang kita peroleh dalam ajang ini hanyalah untuk terus menggali ilmu kandungan Alquran, meskipun kita berkumpul disini untuk berlomba, tetapi lebih dari itu penyambung tali silaturahmi.

Perlombaan pada MTQ tingkat Kota Tanjungpinang ke 15 tahun 2021, tentunya peserta terbaik dari setiap Kecamatan yang siap berkompetisi secara sehat, meraih prestasi berkontribusi, dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul yang kompetitif, berkarakter Islam sebagai mana akhlak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

MTQ tidak semata-mata untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, jalan umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran, kesadaran beragama yang lebih Humanis dan terbuka. Pada pelaksanaan MTQ ke 15  ini juga dimeriahkan dengan perlombaan kasidah dewasa, marawis remaja.

Kemudian Rahma menyebutkan atas nama pemerintah selaku ketua LPTQ, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang ada di Kota Tanjungpinang yang telah membantu dan berpartisipasi, upaya menyukseskan acara MTQ ke 15 tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021.

Terakhir Rahma mengingatkan kepada semua pihak yang terkait, agar mematuhi protokol kesehatan, sehingga pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ini dapat berlangsung dengan tertib, memberikan kesan positif bagi masyarakat kota Tanjungpinang, Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melindungi segala usaha kita bersama, tutup Rahma.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir tingkat Kota Tanjungpinang kepada ketua panitia pelaksana, dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerjasama Walikota dan Gubernur Kepri, dalam pegunaan aplikasi.

Pada kesempatan itu juga dalam kata sambutan Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, MTQ di tingkat Kota Tanjungpinang, diharapkan mampu menghasilkan Qori Dan Qoriah terbaik, nanti akan kita Perlombaan di tingkat provinsi, maupun di tingkat nasional, insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Oktober, tepatnya di provinsi Maluku Utara, jelas Ansar.

Gubernur Juga menyampaikan apresiasi kepada Walikota Tanjungpinang, selaku pemerintah Kota telah menggelar MTQ ke 15 tingkat Kota Tanjungpinang, meskipun pelaksanaannya berbeda dengan pelaksanaan pada tahun yang lalu, karena saat ini dalam suasana pandemic covid 19, kata Ansar.

Ansar meminta kepada seluruh warga masyarakat serta panitia pelaksana agar menerapkan protokol kesehatan Covid 19 dengan baik dan ketat, sehingga pelaksanaan MTQ ke-15, mulai dari awal sampai akhir pelaksanaan dapat berjalan dengan baik nantinya, kata Ansar.

Walaupun kondisi dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan Covid 19, akan tetapi beberapa kabupaten kota masih mengalami zona merah, perlu ditangani bersama sehingga Covid dapat teratasi dengan baik, sehingga ekonomi daerah bangkit kembali, sebut Ansar.

Kata Ansar, kita semua perlu keseriusan dalam menangani mengeliminasi covid 19 dengan sebaik-baiknya, insya Allah mulai tanggal 1 ini, kita akan menempatkan satgas-satgas secara permanen, dalam rangka menjamin untuk menurunnya angka Covid 19.

Pada tahun ini, pemerintah menghimbau bahkan melarang mudik, kalau tidak begitu penting tak perlu mudik tahun ini, akan tetapi bila tidak bisa dihindari maka kita akan mengatur jadwal kapal, agar persentasi penumpang di kapal dapat kita batasi, Sesuai dengan surat edaran Menteri Perhubungan, sebut Ansar.

Situasi saat ini negara kita masih dihadapkan berbagai persoalan yang cukup kompleks, secara nyata peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, paham-paham yang memungkinkan memeecah belah kita sebagai umat yang bersatu, paham sekularisme, terorisme serta paham-paham lainnya.

kita juga dihadapkan oleh problem persoalan yang tidak nyata di dunia maya, seperti berita-berita hoax, kejahatan-kejahatan sosial media dan lain sebagainya, menjadi tantangan yang harus kita antisipasi sedini mungkin, problem ini mampu merasuk ke semua Lini, maka kita semua wajib menjaganya dengan sungguh-sungguh, tutup Ansar.

Pada acara tersebut, hadir Gubernur provinsi Kepulauan Riau beserta Ketua PKK Provinsi Kepulauan Riau Dewi Kumalasari juga merupakan Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Kepri. Asisten 1 Provinsi Kepulauan Riau  Haji Juramahadi Esram. Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau.

Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, wakil ketua DPRD Kota Tanjungpinang beserta seluruh anggota DPRD Kota Tanjungpinang, forum koordinasi pimpinan daerah Kota Tanjungpinang, Danlanudal Kolonel laut Heru Prasetyo. Dan Wings Imam SyafI’i.

Kajari Tanjungpinang Joko Yuhono S.H.M.H. Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando. Ketua Pengadilan Agama. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syapari. Kepala Kantor Kementerian Agama kota Tanjungpinang beserta jajaran Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Tanjungpinang. (Memori)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan