Home / Kepri / Bupati Natuna Pimpin Rapat Persiapan Upacara HUT RI ke-75. 2020
Foto Rapat persiapan Hut kemerdekaan ke 75 dikantor Bupati Natuna

Bupati Natuna Pimpin Rapat Persiapan Upacara HUT RI ke-75. 2020

Natuna (Memorilive.com) – Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, Senin, (13/07) memimpin langsung rapat panitia pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020.

Rapat tersebut berlangsung di Ruangan Rapat lantai II Kantor Bupati di Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna. Hadir Ketua DPRD Natuna, Andes Putra, S.Pd., para FKPD, Kepala RRI Ranai, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Natuna, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Natuna.

Dalam rapat tersebut, Hamid Rizal mengatakan, “Berdasarkan Surat Edaran (SE) dari MENSESNEG RI Nomor : B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020. perihal pedoman peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI Tahun 2020, bahwa sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19.

penyelenggaraan upacara ditingkat daerah diatur / dilaksanakan di Kantor Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB sebelum pelaksanaan upacara di istana negara.

Selanjutnya juga disampaikan Hamid, bahwa Kepala daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang ada di daerah, wajib mengikuti Upacara Peringatan Ke -75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI serta upacara penurunan bendera yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Bupati juga menyampaikan bahwa, pimpinan tinggi pratama atau sederajat serta pegawai pada instansi pusat maupun daerah, wajib mengikuti Upacara Peringatan ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan upacara penurunan bendera sang merah putih melalui tayangan stasiun televisi dari tempat masing-masing.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) yang bertugas di daerah, juga menerapkan pola yang sama dengan Paskibraka di Istana Merdeka Jakarta.
Pada 17 Agustus 2020, pukul 10.17 s.d 10.20 WIB (selama tiga menit), seluruh masyarakat Indonesia wajib menghentikan aktivitas sejenak.

Seluruh jajaran TNI dan POLRI di setiap daerah, diintruksikan untuk dapat membantu segala persiapan pelaksanaan upacara HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia Tahun 2020 sampai selesai upacara penurunan bendera dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.” Ujarnya Hamid.

Juga disampaikan Hamid, Pada tanggal 14 Agustus 2020. Sebelum upacara 17 Agustus, seluruh masyarakat dihimbau agar mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI Ir. Joko Widodo, melalui berbagai siaran televisi, radio dan media online.

Danlanud Raden Sadjad beserta Dandim 0318 Ferry Kriswardana, sepakat jika upacara peringati HUT Kemerdekaan RI ke-75 di pokuskan pada satu titik lapangan, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan peserta upacara terbatas. (Herman)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan