Home / Daerah / Setelah Raih Platinum ASRRAT 2022, Bio Farma Semakin Berkomitmen Pada ESG Untuk Keberlanjutan Perusahaan

Setelah Raih Platinum ASRRAT 2022, Bio Farma Semakin Berkomitmen Pada ESG Untuk Keberlanjutan Perusahaan

Jakarta (Memorilive.com) – Empat kali berturut – turut mendapatkan penghargaan ranking Gold, Bio Farma raih ranking Platinum, penghargaan tertinggi dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022. Untuk pertama kalinya Bio Farma mendapatkan penghargaan ranking Platinum.

ASRRAT 2022 diikuti oleh 50 perusahaan/organisasi. Sebanyak 10 perusahaan meraih peringkat Platinum, salah satunya Bio Farma. Sedangkan laporan keberlanjutan peringkat Gold tahun ini diberikan kepada 32 perusahaan/organisasi. Kemudian laporan keberlanjutan peringkat Silver tahun ini diberikan kepada tujuh perusahaan/organisasi sedangkan satu perusahaan memperoleh peringkat Bronze tahun ini.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, sebagai induk dari Holding BUMN Farmasi, peringkat Platinum yang diterima merupakan komitmen untuk secara konsisten mempertimbangkan tiga aspek keberlanjutan, yakni aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek lingkungan dalam seluruh aktivitas operasi.

”Dengan meraih penghargaan ranking platinum dalam ASRRAT, Bio Farma akan melanjutkan komitmen perusahaan dalam menjaga keseimbangan dari aspek Environment, Social, dan Governance, (ESG) yang menjadi indikator dalam menentukan keberhasilan perusahaan secara menyeluruh,” kata Honesti.

Vice President Corporate Secretary & Investor Relations Bio Farma, Rifa Herdian, menambahkan, agar kehadirannya selalu dirasakan oleh masyarakat, Bio Farma selalu menjaga hubungan dengan masyarakat. Salah satunya dengan membuat program berkelanjutan, termasuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Dengan semangat leave no one behind, Bio Farma diantaranya membina kelompok peternak milenial di wilayah Kabupaten Bandung Barat lewat program Empowerment and Creating Shared Value, juga memberdayakan dan melatih penggarap lokal untuk menamam rumput Odot yang kemudian dibeli oleh Bio Farma” katanya.

Saat ini Bio Farma secara konsisten terus mempertimbangkan tiga aspek keberlanjutan, yakni aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek lingkungan dalam seluruh aktivitas operasi. Dalam aspek ekonomi, Bio Farma berfokus untuk melakukan efisiensi hingga mencapai harga produk yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pada aspek lingkungan, Bio Farma menjalankan proses bisnis ramah lingkungan yang diterapkan dari hulu ke hilir sementara dalam bidang sosial, Bio Farma berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya serta masyarakat di sekitar wilayah operasi secara khusus, melalui Program Tanggung Jawab Sosial. Seluruh program yang dijalankan telah dirancang agar dapat berkontribusi bagi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan harus diinformasikan kepada publik melalui Laporan Keberlanjutan. Sejauh mana suatu entitas berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta pencapaian Kinerja ESG-nya, semuanya dapat dipertanggungjawabkan dalam laporan keberlanjutan.

Laporan Keberlanjutan Bio Farma disusun berdasarkan standar Global Reporting Initiative (GRI) dan telah diperiksa oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Pada pertengahan tahun 2022, laporan keberlanjutan Bio Farma 2021 juga diperiksa oleh  Independent Assurance  terhadap data material laporan keberlanjutan yang dibuat untuk menujukkan komitmen kepada para pelanggan dan pemangku kepentingan bahwa semua informasi yang dipublikasikan adalah akurat.

Sebelumnya anugerah Penghargaan tersebut telah diterima Vice President Corporate Secretary & Investor Relations Bio Farma, R Rifa Herdian, Kamis (24/11) lalu di Jakarta. Untuk diketahui, ASRRAT sendiri merupakan penghargaan yang sudah berlangsung selama 18 tahun.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga ikut dalam penghargaan ini, diantaranya Bangladesh, Filipina, Australia, dan Rusia. (Azuar Anas)

About memorilive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *