Home / Daerah / Bupati Padang Pariaman Lantik 28 Wali Nagari Terpilih se Kabupaten Padang Pariaman

Bupati Padang Pariaman Lantik 28 Wali Nagari Terpilih se Kabupaten Padang Pariaman

Padang Pariaman (Memorilive.com) – Usai Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) secara serentak, terdiri dari 29 Nagari se Kabupaten Padang Pariaman pada 31 Oktober 2021 lalu. Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE.MM, lantik Wali Nagari terpilih secara serentak se Kabupaten Padang Pariaman priode  2021-2026, pada Senin 13 Desember 2021, di Hall Ibu Kota Kabupaten (IKK) di Nagari Parik Malintang.

Dalam kata sambutan Bupati Padang Pariaman Suharti Bur mengucapkan selamat kepada Wali Nagari yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatannya,  serta ucapan terima kasih kepada Panitia Pemilihan Wali Nagari dan Badan Musyawarah Nagari, bersama masyarakat yang telah menyukseskan pelaksanaan pemilihan Wali Nagari secara serentak tahun 2021, jelasnya.

Suhatri Bur juga diminta kepada para Wali Nagari yang telah dilantik pada hari ini, agar segera mempersiapkan dokumen perencanaan pembangunan Nagari, sesuai jadwal RPJM Nagari paling lambat akhir Maret 2022, atau tiga bulan setelah pelantikan Wali Nagari ini, himbau Bupati.

Terkait penyusunan dokumen RPJM Nagari, yang harus menjadi perhatian bagi para Wali Nagari,  keseimbangan kegiatan pembangunan sumber daya manusia (SDM) serta pembangunan fisik dan pengembangan ekonomi produktif dalam penetapan pengembangan produk unggulan Nagari (one village one product), jelasnya.

Maulai dari pembentukan dan pengembangan usaha bumnag dalam mendukung pengembangan produk unggulan Nagari, kegiatan produktif yang dapat mendongkrak untuk peningkatan Pendapatan Asli Nagari (PAN), jangka pendek, menengah maupun jangka panjang sebagai kemandirian Nagari, serunya.

“ Wali Nagari diharapkan mampu mandiri disektor keuangan, optimalkan semua potensi, baik sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam, manfaatkan potensi perantau pada masing-masing Nagari,” himbaunya lagi.

Ditambahkannya juga, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, PR kita saat ini mengejar target Vaksinasi Covid-19, bupati berharap kepada semua pihak, terkhusus bagi Wali Nagari yang baru dilantik, untuk dapat bahu membahu dan saling mendukung dalam mengajak warganya yang belum di vaksin, agar dapat segera dilakukan vaksinasi, harap Bupati diakhir sambutannya.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Sumatra Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumbar Anasrul, S.H mengatakan, selaku Wali Nagari tentunya mesti melakukan program untuk menggali sumber keuangan secara optimal sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014, sebutnya.

Diuraikannya juga, Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2016, atas Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 60  Tahun 2014 tentang Dana Desa, terkait hal itu perlu kami sampaikan beberapa hal, diantaranya para Wali Nagari yang baru maupun Wali Nagari yang lama, harus  memperhatikan regulasi yang ada, harapnya.

Ditegasnya juga, jangan mengambil kebijakan yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku, supaya tidak berurusan dengan masalah hukum, karena banyak terdengar di tempat-tempat lain Wali Nagari yang terjerat dengan masalah hokum, tegasnya.

“Demi kelancaran dan suksesnya kerja di Nagari, jalin kerjasma yang baik dengan Badan Permusyaratan Nagari  (Bamus), kelembagaan di Nagari seperti (LPM, Karang Taruna, Kelembagaan Adat, PKK, Kelompok Masyarakat dan lainnya”, himbaunya.

Peran serta kelembagaan inilah sebagai mitra nantinya yang dapat membekap kerja Wali Nagari dalam melaksanakan tugas di Nagari, baik dalam membuat Regulasi, Peraturan Nagari dan Kebijakan-kebijakan lainnya dalam pelaksanaan pembangunan di Nagari, jelasnya.

Ditambahkannya lagi, ditengah Masyarakat Nagari saat ini ada namanya Tim Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI), tugas pokoknya untuk mendampingi Nagari dalam penyelengarakan Pemerintahan Desa,  Kerjasama Desa dan Pengembangan BUMNag pembangunan berskala lokal Desa.

“Merekalah yang akan mendukung kinerja Wali Nagari, sehingga apa yang telah direncanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menenggah Nagari (RPJMN) nantinya, dapat tercapai dengan baik demi kemajuan pembangunan di Nagari,” tutupnya.

Pada pelantikan tersebut terlihat hadir Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, M.M. Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dandim Letkol. CZI. Titan Jatmiko, Wakapolres Padang Pariaman Kompol  Alfias Marzuki, Ketua DPRD Arwinsyah, Wakil Ketua DPRD Aprinaldi dan Risdianto.

Juga hadir Anggota DPRD Padang Pariaman,  Sekretaris Daerah Rudi Repenaldi Rilis, Ketua TP-PKK Ny. Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Ny. Yusneli Erza Rahmang, Ketua DWP Ny. Yanti Rudi Rilis, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Alung Zulhelmi, Ketua dan Anggota LKAAM, Ketua dan Anggota KAN, serta Ketua Forum Bamus dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman. (jeff)

About memorilive

Tinggalkan Balasan