Home / Kepri / Plt.Bupati Lingga hadiri Musrembang di Aula Kantor Camat Singkep Barat

Plt.Bupati Lingga hadiri Musrembang di Aula Kantor Camat Singkep Barat

Lingga (memorilive.com) – Dalam musyawarah pembangunan (Musrembang) di keacamatan Singkep Barat, harus berjalan dengan baik dan tepat sasaran yang bermanfaat untuk masyarakat dimanapun tempatnya, demi kemajuan daerah Kabupaten Lingga.

Halitu disampaikan oleh Plt Bupati Lingga Muhammad Nizar dalam sambutannya pada Musrenbang di Kecamatan Singkep Barat, pada Senis 8 Februari 2021. “Pembangunan di Kabupaten Lingga harus tetap berjalan dan bermanfaat untuk masyarakat dimanapun tempatnya”.

M.Nizar mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Lingga, demi untuk kepentingan masyarakat banyak, maka pembangunan harus terus berjalan sesuai keinginan kita bersama, demi menuju Lingga yang cemerlang, ajak Nizar

Di Kecamatan Singkep Barat, Nizar menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat melepaskan segala bentuk dukung mendukung pasca Pilkada yang telah berlalu, kini sudah waktunya kita bergandengan tangan bersama-sama membangun Kabupaten Lingga dari segala sector, himbaunya.

Adapun program prioritas yaitu, pendidikan, kesehatan dan pelayanan, sedangkan program unggulan pertanian, perikanan, peternakan dan pariwisata. Program insfratruktur seperti jalan, jembatan dan lain sebagainya, tanpa dukungan semua pihak, mustahil program pembangunan itu dapat berjalan dengan baik.

“Bupati dan wakil Bupati tidak bisa kerja sendiri, untuk itu mengajak semua masyarakat untuk dapat bersama-sama membangun Lingga yang sama-sama kita cintai ini,” ungkap Nizar.

Pada kesempatan itu juga, Plt Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Lingga, Nelawati menyampaikan, perencanaan pembangunan tahun 2022 mengacu pada RPJPD (rencana pembangunan jangka panjang daerah) tahun 2005-2025.

Sedangkan pembangunan jangka menengah 2021-2025 belum disusun, mengingat Bupati dan Wakil Bupati terpilih belum dilantik. Maka kita mengacu pada dukungan rencana pembangunan jangka panjang daerah tahun 2005 – 2025.

“Dalam menyusun dokumen perencanaan tahun 2022 kita menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” sebut Nelawati.

Lanjut Nelawati, semua usulan-usalan yang sudah diajukan pada Musrenbang tingkat desa maupun tingkat kelurahan, harus diiput dulu dalam SIPD, setelah diinput nanti dilakukan verifikasi awal, usulan-usulan tersebut bukan hanya pekerjaan atau pembangunan fisik saja, namun meliputi financial ataupun pemberdayaan masyarakat, urainya.

“Selanjutnya nanti akan diverifikasi oleh pihak kecamatan, sebagai bahan evaluasi pembahasan pada forum pemerintah daerah, untuk diminta kepada pihak kecamatan agar usulan-usulan yang diinput dalam SIPD dapat benar-benar disaring,” kata Nelawati.

Pada kesempatan itu Camat Singkep Barat Febrizal Taufik berharap, melalui Musrenbang tersebut dapat kiranya membantu merealisasikan usulan warganya, terutama akses jalan sebagai sektor penunjang kemajuan ekonomi masyarakat, kata Taufik.

“Usulan-usulan dari desa sudah dimasukkan dan Alhamdulillah sesuai dengan sektor-sektor visi misi Pemkab Lingga, seperti peternakan, perikanan dan pariwisata,” ucap Febrizal Taufik

Ditambahkannya, untuk di kecamatan Singkep Barat terdapat objek wisata yang sedang dikembangkan saat ini, pihaknya sedang melakukan peningkatan akses jalan, yakni di Desa Sungai Harapan tepatnya Air Terjun, Air Batu dan di Sungai Buluh, yaitu Pantai Pane, diharapkan kepada semua pihak terkait dapat membantu.

Febrizal Taufik juga membeberkan, di tahun 2020 pemerintah Kecamatan Singkep Barat bersama masyarakat telah melakukan penimbunan jalan dari Sungai Raya menuju Desa Marok Tua, harapannya  pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi, untuk dapat melanjutkan peningkatan akses jalan tersebut.

Turut hadir pada Musrenbang tersebut anggota DPRD Kabupaten Lingga diantaranya, Norden, Raja Muchsin, Mudasir, Iwan Kurniawan, Jimmy AT, Yanuar dan para Kepala Desa dan BPD seKecamatan Singkep Barat. Sumber Diskominfo. (Memori)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan