Home / Bintan / Memberikan Arahan, Memperagakan Cara Menangani Kebakaran Yang Mungkin Terjadi di Area Lapas

Memberikan Arahan, Memperagakan Cara Menangani Kebakaran Yang Mungkin Terjadi di Area Lapas

Memorilive.com, – Bintan – Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi kebakaran, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang menggelar kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran di area dapur Lapas, Jumat (11/10/2024).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Lapas Kelas IIA Tanjungpinang dengan Kantor UPTD Damkar Kijang dan BPBD Kab. Bintan.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Aula Lapas Kelas IIA Tanjungpinang di hadiri Kalapas Mishbahuddin dan pejabat struktural, petugas yang memiliki tanggung jawab di bidang dapur serta pegawai lainnya.

Di lanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber Tim Damkar. Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan simulasi penanggulangan kebakaran di area dapur Lapas yang dipraktekkan oleh petugas dan para Tahanan Pendamping (Tamping) dapur.

Narasumber memberikan arahan dan memperagakan cara menangani kebakaran yang mungkin terjadi di dapur atau area lainnya di Lapas.

Kalapas Mishbahuddin menegaskan pentingnya kegiatan ini untuk memastikan bahwa seluruh petugas Lapas memahami prosedur penyelamatan dan tindakan cepat dalam situasi darurat seperti kebakaran. “Kesiapsiagaan adalah kunci untuk menghindari kejadian yang lebih besar. Dengan simulasi seperti ini, kita bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam penanganan kebakaran,” ujar Kalapas.

Simulasi penyelamatan kebakaran ini melibatkan skenario terjadinya kebakaran di dapur Lapas, di mana tim pemadam bersama dengan petugas Lapas bergerak cepat untuk memadamkan api dan menyelamatkan penghuni. Semua prosedur, mulai dari evakuasi hingga penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), diperagakan secara rinci oleh petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang. (*)

About Sudir Man