Home / Kepri / Diskual Secara Virtual Gelar Rekonsiliasi Tingkat Satker UO TNI Angkatan Laut Semester I TA.2021

Diskual Secara Virtual Gelar Rekonsiliasi Tingkat Satker UO TNI Angkatan Laut Semester I TA.2021

Tanjungpinang (Memorilive.com) – Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) Mabesal secara virtual menggelar kegiatan Rekonsiliasi Internal Tingkat Satker Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Laut Semester I TA 2021 di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepualan Riau, pada Selasa pagi 13 Juli 2021.

Kegiatan tersebut dalam rangka penyusunan laporan keuangan semester satu tahun 2021, yang diikuti oleh segenap Badan Perencanaan (Baren), Badan Keuangan (Baku), Badan Logistik (Balog), dan seluruh Unit Organisasi TNI Angkatan Laut.

Kegiatan tersebut, Dipimpin langsung oleh Sekertaris Dinas Keuangan Angkatan Laut (Sekdiskual) Kolonel Laut (S) Putu, mewakili Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertma TNI Pudji Santoso, CHRMP.

Dalam amanat Kadiskual yang dibacakan oleh Sekdiskual mengatakan “Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/sub sistem yang berbeda, berdasarkan dokumen sumber yang sama,” tuturnya.

Dikatakan juga, Penyelenggaraan rekonsiliasi yang akan dilaksanakan, merupakan rekonsiliasi internal, terkait dengan realisasi anggaran pendapatan, belanja dan aset negara yang bersumber dari Dipa tahun anggaran 2021, bertujuan agar diperoleh sinkronisasi data, antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik secara transparan dan akuntabel, sebutnya.

Diakhir amanatnya Kadiskual menekankan beberapa hal diantaranya, Data yang digunakan untuk rekonsiliasi internal adalah realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Semester I TA 2021,  akan dijadikan hasil rekonsiliasi internal ini sebagai dasar Penyusunan Laporan Keuangan Semester I TA 2021, pungkasnya.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Komandan Lantamal IV (Danlantaal IV) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E, M.Han, bahwa dalam membangun Zona Intergritas (ZI) di wilayah kerja Lantamal IV sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rencananya kegiatan tersebut akan digelar, dibagi lima gelombang, yaitu pada tanggal 13 Juli 2021 sampai dengan 19 Juli 2021, sedangkan Lantamal IV sendiri mendapat giliran gelombang kelima yaitu pada tanggal 19 Juli 2021. Kegiatan tersebut telah mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat, yaitu dengan menerapkan program 5M.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Kakuwil Lantamal IV Kolonel Laut (S) Joko Wahyudi,S.T., M.M., M.Tr.Hala., CHRMP., Ka Akun Lantamal IV, Ka Akun Fasharkan Mentigi,  Ka Akun RSAL Midiyato Suratani, Balog Lantamal IV, Baren Lantamal IV, BP Fasharkan Mentigi, BP RSAL Midiyato Suratani,  Operator Saiba Lantamal IV, dan Operator Simak Lantamal IV. Sumber Dispen Lantamal IV Tanjungpinang. (Memori)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan