Home / Batam / Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Batam Tebar 600.000 Benur Udang
foto peserta acara menabur benih Udang ditambak

Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Batam Tebar 600.000 Benur Udang

Batam (Memorilive.com) – Sesuai dengan Program Pemerintah Derah dimasa Pandemi Covid-19 dan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M., Pangkalan TNI AngkatanLaut dukung Program Ketahanan Pangan dengan meresmikan Tambak Udang  Lintang Samudera di Pantai Melur Pulau Galang Kepri, Minggu siang  23 Mei 2021.

Tambak udang tersebut bekerja sama dengan Rony Nainggolan  selaku penanggung jawab, dimana peresmianya ditandai dengan penaburan benih udang (benur) Vaname sebanyak 600 ribu ekor.

Diperkirakan jika panen berhasil dapat menghasilkan 10 hingga 12 ton udang Vaname dalam jangka waktu sekitar tiga sampai empat bulan ke depan.

Peresmian disaksikan oleh Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri K, M.M., sebagai Pembina, Ketua Kadin Batam Jadi Rajaguguk sebagai Pendukung Program Ketahanan Pangan di kota Batam, Danyonif 10 Mar/SBY Letkol Marinir Alim Firdaus serta jajaran perwakilan Kodim 0316/ BTM, Kepolisian serta para undangan lainnya.

Penanggung jawab tambak Lintang Samudra mengatakan, Saya berharap agar tambak udang ini berjalan dengan baik kedepannya, sehingga mampu menopang perekonomian masyarakat sekitar. Tambak ini dibuat semata untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi kelautan yang ada demi kesejahteraan bersama, ujarnya.

“Ini salah satu wujud program ketahanan pangan, dimana kita melihat begitu besar potensi kelautan dan perikanan di Kepri khususnya Batam ini. Kita gandeng masyarakat sekitar supaya sama-sama menjalankan tambak ini,” jelasn Roni Nainggolan.

Tambak udang Lintang Samudra ini binaan Lanal Batam melalui program Primer Koperasi Angkatan Laut (Primkopal) yang tujuannya untuk menjalankan Program Ketahanan Pangan. Tambak ini juga didukung sepenuhnya oleh Kadin Batam dalam rangka memulihkan ekonomi Batam ditengah terpaan pandemi Covid-19 .

Roni Nainggolan juga mengatakan “Tahap awal kita mulai dengan 600 ribu benur dulu,  nanti kalau sudah berjalan dengan baik, kita tingkatkan lagi dengan target bisa ekspor ke luar negeri,” sebut Roni Nainggolan.

Danlanal Batam ditempat yang sama mengatakan, Program Ketahanan Pangan dari Primkopal ini meliputi banyak bidang dan salah satu adalah pemanfaatan potensi kelautan dan perikanan yang ada, tuturnya.

Danalan Batam juga berharap, Agar tambak udang Lintang Samudra ini bisa berjaya kedepannya, sehingga berbagai terobosan dari program Ketahanan Pangan yang dijalankan oleh TNI AL bisa tercapai dengan baik, kita bimbing dan kawal terus ini karena sudah masuk dalam binaan kita, jelasnya.

Senada disampaikan Kepala Kadin Batam mengatakan, Agar pengusaha atau masyarakat umum lainnya juga dapat mulai berlomba-lomba untuk memanfaatkan semua potensi yang ada, demi kesehatan dan kemakmuran bersama, sebutnya

Ini bisa jadi contoh bagi pengusaha ataupun masyarakat umum lainnya agar mampu melihat potensi yang ada. Kita akan dukung sepenuhnya jika usahanya berjalan sesuai aturan yang ada, pungkas Kepala Kadin Batam. Sumber dispen lantamal IV. (Memori)

About Sudirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *