Home / Nasional / Binaan Bio Farma Usung Program Empowerment Dorong Siswa SLB Cicendo Mampu Mandiri
Kelompok Binaan Difabel Bio Farma berfoto bersama para peserta pelatihan SLBN Cicendo Bandung usai menggelar fashion show

Binaan Bio Farma Usung Program Empowerment Dorong Siswa SLB Cicendo Mampu Mandiri

memperagakan hasil karya jahitan alumni disabilitas SMA SLBN Cicendo, Senin (15/05). Program TJSL Bio
Farma

Bandung (Memorilive.com) – Kelompok Binaan Bio Farma Creative Disabilitas Production pada 16 Mei 2023 diberikan pelatihan menjahit kepada para alumni SMA disabilitas SLBN Cicendo Bandung, melalui program Empowerment, diharapkan pelatihan ini bisa memberi bekal keterampilan, kemandirian, jiwa kewirausahaan bagi penyandang disabilitas.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, Bio Farma berkomitmen untuk terus meningkatkan keterampilan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Sejak tahun 2018 lalu, Bio Farma lakukan pembinaan terhadap Kelompok Disabelitas yang diberi nama Creative Disabilitas Production, mereka dibekali keterampilan menjahit.

”Pendekatan leave no one behind yang merupakan agenda Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) 2030. Saat ini kelompok binaan difabel Bio Farma tidak hanya mandiri secara ekonomi, namun dapat mengembangkan manfaat lebih luas, terus berikan pelatihan menjahit melalui Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Cicendo tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA),” kata Honesti.

Pelatihan pada April hingga Mei 2023, diisi banyak materi, dalam rangkaian akhir dari pelatihan menjahit, SLBN Cicendo, juga digelar Fashion Show pada 15 Mei 2023, di Aula SLBN Cicendo Bandung. Alumni SLBN Cicendo peragakan hasil karyanya di depan para pembina, guru, dan para orang tua siswa.

Direktur Human Capital Bio Farma, Endang Suraningsih menambahkan, pembinaan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia, bagi penyandang disabilitas agar mampu mandiri dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga mereka mampu berkompetisi di dunia usaha kedepan.

”Melalui pelatihan yang diberikan kepada SLBN Cicendo kota Bandung, para alumni akan memiliki keterampilan akan lebih mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan,” ujar Endang.

Endang Suraningsih mengaku, sangat terharu melihat perkembangan rekan-rekan binaan tersebut, telah menghasilkan karya sendiri dan berkontribusi terhadap penerusnya di SLBN Cicendo Bandung, hasil kolaborasinya dengan Bio Farma, ilmu yang diberikan akan mengalir secara berkesinambungan.

“Kami bangga dan mengucapkan terima kasih juga kepada SLBN Cicendo atas kolaborasi yang telah dilakukan.” ungkap Endang.

Endang memaparkan, Bio Farma mengembangkan program Empowerment dengan melakukan pembinaan terhadap komunitas penyandang disabilitas, sejak 2018. Bio Farma telah memberikan  pembinaan serta bantuan mesin jahit kepada SLBN Cicendo, guna mewujudkan keterampilan bagi disabilitas.

Saat ini, Bio Farma memiliki tiga kelompok binaan, yaitu Planet Kreatif disabilitas beranggotakan 30 orang peserta, Kreatif Disabilitas Production sebanyak 10 anggota, Cemara Paper sebanyak 5 anggota, dengan harapan para binaan dapat secara mandiri memproduksi serta memasarkan produk yang di hasilkan, jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah SLBN Cicendo, Wawan mengatakan, mewakili sekolah mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Bio Farma kepada penyandang disabilitas.

”Kami dari SLBN Cicendo Bandung mengucapkan terima kasih kepada Bio Farma yang sangat luar biasa mensuport serta dukungannya kepada kami, dalam membina bagi para penyandang disabilitas”.

Atas kolaborasi dengan rekan-rekan dari binaan Bio Farma yang telah berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada adik-adik kami, tentunya sangat bermanfaat bagi para peserta binaan dan para keluarga mereka, ujar Wawan.

Wawan juga mengungkapkan, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, sangatlah tinggi. Sedangkan lowongan kerja yang tersedia, sangatlah tidak berimbang dengan jumlah pencari pekerja, terlebih bagi penyandang disabilitas. setiap individunya dituntut untuk memiliki keterampilan yang cukup.

”Jawaban dari keterserapan anak kita yang belum bisa masuk di dunia industri dan dunia usaha untuk bekerja. Kerja sama ini menjadi modal penting bagi anak-anak kami ke depan bisa mandiri secara ekonomi,” kata wawan. Sumber Humas Bio Farma (Edi).

About memorilive

Tinggalkan Balasan