Home / Kepri / Rutan Kelas I Tanjungpinang Terima Buku Bacaan Dari Kearsipan Provinsi  Kepri

Rutan Kelas I Tanjungpinang Terima Buku Bacaan Dari Kearsipan Provinsi  Kepri

Memorilive.com, – Tanjungpinang – Dalam upaya meningkatkan minat baca warga binaan, Rutan Kelas I Tanjungpinang menerima buku bacaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu, (23/10/2024). Kerja sama ini merupakan bagian dari program pembinaan kemandirian yang bertujuan memperkaya literasi warga binaan.

Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, Gemi Nastiti, menyampaikan bahwa peminjaman buku ini dilakukan secara berkala setiap enam bulan. “Hari ini seperti biasa, kita melaksanakan tugas rutin yang sudah menjadi bagian dari kerja sama antara Rutan dan Dinas Perpustakaan. Program ini berupa peminjaman buku yang di gunakan oleh warga binaan,” ujar Gemi.

Gemi berharap, dengan adanya fasilitas buku bacaan ini, warga binaan dapat menambah pengetahuan dan mengembangkan keterampilan yang berguna setelah mereka bebas.

“Jumlah buku yang kami pinjamkan bisa mencapai 300 hingga 400 judul. Semoga dengan adanya buku-buku ini, mereka bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Misalnya, jika mereka membaca buku keterampilan, mereka bisa mengaplikasikannya di luar rutan nanti, seperti berkebun atau keterampilan lainnya. Untuk buku-buku agama, semoga bisa membuat mereka lebih agamis lagi,” tutup Gemi.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Aditya Pratama, menyambut baik kerja sama ini dan mengapresiasi dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan melalui program peminjaman buku ini. Ketersediaan buku-buku bacaan yang beragam sangat membantu warga binaan dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Harapannya, mereka dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilan yang dapat diaplikasikan saat mereka kembali ke masyarakat,” ungkap Aditya.

Ia juga menambahkan bahwa pihak Rutan Kelas I Tanjungpinang berkomitmen untuk terus mendorong program-program literasi agar warga binaan dapat mendapatkan manfaat maksimal selama menjalani masa pidana.

“Kami akan memastikan buku-buku ini di manfaatkan dengan baik oleh warga binaan, sehingga mereka bisa terus belajar dan mengembangkan diri,” tutup Aditya.

Kerja sama antara Rutan Kelas I Tanjungpinang dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan literasi dan keterampilan warga binaan, sehingga mereka dapat lebih siap untuk berintegrasi kembali ke masyarakat. (*)
#

About Sudir Man