Home / Daerah / UPTD Puskesmas Lakukan Pengecekkan  Sanitasi di Area Rutan Kelas I Tanjungpinang

UPTD Puskesmas Lakukan Pengecekkan  Sanitasi di Area Rutan Kelas I Tanjungpinang

 

Memorilive.com, –  Tanjungpinang – Dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tanjungpinang melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang untuk pengecekan sanitasi, Kamis (17/10/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kondisi kebersihan, khususnya terkait pemeriksaan kualitas air dan keberadaan jentik-jentik nyamuk yang dapat menjadi penyebab penyakit demam berdarah.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Yan Patmos, menyambut baik kunjungan dari tim Puskesmas Tanjungpinang. “Kesehatan dan kebersihan lingkungan Rutan menjadi prioritas utama kami. Dengan adanya pengecekan rutin seperti ini, di harapkan dapat meminimalisir risiko penyebaran penyakit yang di sebabkan oleh air yang tidak bersih atau nyamuk,” ujar Yan.

Tim dari Puskesmas Tanjungpinang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap beberapa area di Rutan Tanjungpinang, termasuk termasuk kamar hunian warga binaan, area brandgang, tempat penampungan air dan lingkungan sekitar yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Kepala Seksi Pengelolaan, dan Kepala Subseksi Umum turut mendampingi tim dari Puskesmas dalam pelaksanaan pengecekan secara bersama memastikan bahwa air yang digunakan oleh warga binaan aman dan bebas dari bakteri atau kuman berbahaya, serta mengantisipasi penyebaran penyakit yang di bawa oleh nyamuk, seperti demam berdarah dan malaria.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program sanitasi lingkungan yang rutin kami lakukan, terutama di area-area yang rentan terhadap penularan penyakit. Melalui pemantauan dan pengecekan kualitas air serta pengendalian jentik-jentik nyamuk, kami berupaya menjaga kesehatan warga binaan di Rutan Tanjungpinang,” jelas perwakilan UPTD Puskesmas Tanjungpinang. (*)

About Sudir Man