Home / Batam / Pelaku Pembunuhan Berencana Mantan Direktur RSUD Padang Sidempuan, Di Vonis Hukuman Mati

Pelaku Pembunuhan Berencana Mantan Direktur RSUD Padang Sidempuan, Di Vonis Hukuman Mati

 

Memorilive.com, – Batam – Tim Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Batam melaksanakan sidang dengan agenda pembacaan putusan terhadap Terdakwa AHMAD YUDA BIN HASAN (Alm) dalam perkara Tindak Pidana Pembunuhan Berencana terhadap korban TETTY RUMONDANG HARAHAP mantan Direktur RSUD Padang Sidempuan bertempat di Pengadilan Negeri Batam, Kamis (06/06/2024).

Saat di konfirmasi, Kasi Penkum Kejati Kepri Denny Anteng Prakoso, SH., MH., menyampaikan bahwa sidang dipimpin langsung oleh Benny Dharma Yoga, SH., MH. (Hakim Ketua), David P Sitorus, SH., MH. (Hakim Anggota I), Monalisa, SH., MH. (Hakim Anggota II), sedangkan tim Penuntut Umum dihadiri oleh Jaksa Karya So Imanuel, SH., MH., Majelis Hakim Pengadilan negeri Batam menilai perbuatan Terdakwa tidak memiliki perikemanusiaan, karena sudah melakukan pembunuhan terhadap korban secara sadis, sehingga sudah seharusnya Terdakwa di hukum setimpal, “ujar Denny.

Adapun amar putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam sebagai berikut :
Menyatakan terdakwa AHMAD YUDA BIN HASAN (Alm) terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana “Pembunuhan berencana” sebagaimana di atur dan di ancam pidana dalam Pasal 340 KUHP sebagaimana dalam Dakwaan kesatu Penuntut Umum.

Menjatuhkan Pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan Pidana Mati.
Menyatakan barang bukti berupa :
1 (Satu) helai selimut berwarna biru;
1 (satu) helai baju daster berwarna biru:
1 (Satu) helai kain sarung berwarna ungu;
1 (Satu) helai sprei berwarna kuning hitam;
1 (Satu) helai baju berwarna merah yang sudah menyatu karena terbakar bersama pakaian dalam bra dan celana dalam berwarna biru cokelat;
1 (satu) unit HP vivo berwama biru
Di kembalikan kepada pihak keluarga korban yaitu saksi dr. WINDI MARTIKA.
1 (Satu) buah pisau dapur berlumuran darah;
1 (satu) buah bantal beserta guling
7 (tujuh) buah tabung gas LPJ 3 kg berwana hijau
7 (tujuh) buah botol berisikan bensin pertalite
7 (tujuh) buah botol berisikan bensin pertalite yang sudah terbakar
Beberapa banyak Ranting ranting beserta rumput kering
1 (satu) kotak obat nyamuk bakar
1 (satu) buah Baskom warna hitam ada pegangan tangan kiri kanan;
1 (satu) buah dayung tiba air warna hijau
Dirampas untuk dimusnahkan
1 (Satu) unit Mobil Agya warna silver nomor polisi BP 1080 RM;
1 (Satu) unit mobil Kia Picanto warna merah nomor polisi BP 1795 ZD;
Di kembalikan kepada pemiliknya melalui Terdakwa.
1 (satu) buah Akta Nikah Sirih pihak laki-laki an. AHMAD YUDA SIREGAR dan pihak perempuan BUNGA LESTARI PULUNGAN tanggal 13 Februari 2023.
1 (satu) buah Buku Akta Nikah pihak laki-laki an. AHMAD YUDA dan pihak perempuan an. TETTY RUMONDANG HARAHAP yang di keluarkan oleh Kantor KUA Batu Ampar tanggal 14 Maret 2022
Di kembalikan kepada Terdakwa
Membebankan biaya perkara kepada negara.

Lanjut Kasi Penkum, secara singkat kronologis perkara ini dijelaskan bahwa AHMAD YUDA BIN HASAN (Alm) membunuh TETTY RUMONDANG HARAHAP di kediaman mereka di Jalan Perum Muka Kuning Indah I, Buliang, Batu Aji, Kota Batam pada November 2023 lalu. Saat itu Ahmad Yuda meminta uang sebanyak 50 miliar kepada korban, yang rencananya akan dipakai guna mencalonkan diri menjadi Bupati di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Namun TETTY RUMONDANG HARAHAP tidak menyetujui permintaan itu, sehingga Ahmad Yuda emosi lalu memukul korban hingga terjadi pembunuhan yang keji dan sadis. Tak hanya itu, AHMAD YUDA BIN HASAN (Alm) juga diduga melakukan pembakaran rumah untuk menghilangkan jejak. Dalam aksinya, AHMAD YUDA BIN HASAN (Alm) dibantu istri sirinya yang masih di bawah umur. Istri siri AHMAD YUDA BIN HASAN (Alm) sudah di vonis pidana penjara 7 tahun lewat sidang tertutup di Pengadilan Negeri Batam pada Desember 2023 lalu, “imbuh Denny.

Terhadap Amar Putusan yang telah di bacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam ini, Penuntut Umum Karya So Imanuel, SH., MH., menerima sementara untuk Penasihat Hukum Terdakwa mengajukan Banding.(*)

About Sudir Man