Home / Uncategorized / Bio Farma Kembali Raih Penghargaan PROPER Kategori Emas

Bio Farma Kembali Raih Penghargaan PROPER Kategori Emas

Jakarta (Memorilive.com.) – Semakin Konsisten dalam Pengelolaan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Bio Farma, Induk Holding BUMN Farmasi kembali raih Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) kategori emas untuk ke tujuh kalinya.

Penghargaan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin  didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya kepada Senior Executive Vice President (SEVP) HC dan Compliance, Disril Revolin Putra di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat. 29 Desember 2022.

Peringkat Emas merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian PROPER. Sebanyak 51 perusahaan mendapatkan peringkat emas, 170 perusahaan peringkat hijau, 2031 perusahaan peringkat biru, 887 perusahaan peringkat merah, 2 perusahaan peringkat hitam.

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada perusahaan yang terbukti melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menyampaikan, kurang lebih 25 tahun, PROPER telah ditujukan untuk mendorong agar setiap aktivitas bisnis industri lebih dari sekedar pemenuhan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup, sebutnya.

Bagi dunia usaha, PROPER sekaligus menjadi platform untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. Kriteria penilaian proper setiap tahun semakin kompleks mengikuti kebutuhan dan tuntutan zaman. Tahun ini penilaiannya sudah mencakup penerapan kriteria penilaian daur hidup dan pelaksanaan inovasi sosial.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan, Bio Farma sebagai BUMN disamping mendukung peningkatan ekonomi nasional, secara korporasi memiliki Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sejalan dengan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) bagian dari Program Pemerintah.

“Program TJSL yang dijalankan oleh Bio Farma yang berbasis ISO 26000 dan Creating Share Value (CSV) serta Knowledge for Society, mampu membangun kelompok masyarakat melalui pemberdayaan dan pengembangan potensi, seperti pemberdayaan kelompok masyarakat disabilitas melalui peningkatan skill, kelompok masyarakat peternak melalui pengembangan teknologi Hijauan Makanan Ternak (HMT) atau budidaya rumput sebagai pakan ternak” ungkap Honesti.

“Apresiasi yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini yaitu sudah yang ketujuh kalinya Bio Farma mendapatkan peringkat emas, tentunya adalah bukti keseriusan Bio Farma dalam berkontribusi secara optimal dalam pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, selain itu menjadi suntikan motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen memberikan yang terbaik, berikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat.” tambah Honesti.

Senior Executive Vice President (SEVP) HC dan Compliance, Disril Revolin Putra menyampaikan bahwa Program TJSL Bio Farma merupakan bagian dari bisnis perusahaan yang mampu menciptakan kondisi sosial, ekonomi, lingkungan yang mengarah pada pengembangan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan menuju kemandirian.

“Komitmen Bio Farma dalam menciptakan kemandirian masyarakat sangat tinggi, hal ini terbukti dari keseriusan Bio Farma yang mampu mengembangkan potensi Peternak Millennial Cikalong Wetan untuk dijadikan sebagai agent of change di wilayah Cikalong Wetan, khususnya dalam dunia peternakan” ucap Disril.

Tidak hanya itu, keberhasilan Implementasi Program TJSL Bio Farma melalui skema CSV ini, mampu mengembangkan potensi masyarakat peternak di wilayah Cikalong Wetan, serta dapat mendukung supply rumput ke Bio Farma sebagai pakan kuda yang diperlukan oleh perusahaan sebanyak 4,5 Ton Per-Minggu. kata Disril.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, dalam kata sambutannya mengatkan, PROPER dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha dapat meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungannya terus berkembang, mengalami proses perbaikan secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ditengah masyarakat menurut kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Penilaian proper dilakukan oleh dewan pertimbangan proper yang imparsial independent beranggotakan dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat dengan variabal penilaian yang berkembang dari waktu ke waktu yang disusun secara konseptual.

Selain itu, dalam rangkaian Penghargaan Proper, Bio Farma mendapatkan juara ke-2 untuk penghargaan video pengembangan masyarakat terbaik PROPER 2022.

Penghargaan PROPER 2022 turut dihadiri oleh Ketua Dewan PROPER, Para Pimpinan Perusahaan dan BUMN. Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto.

Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Zumrotul Mukaffa. (Azuar Anas)

About memorilive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *